Gandeng BRI Syariah, Baznas Permudah Masyarakat Bayar Zakat

Posted by

Tangsel – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bekerja sama dengan BRI Syariah dalam mempemudah masyarakat membayar Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) melalui Layanan Keuangan Tanpa Kantor (Laku Pandai).

Program yang diluncurkan Otoritas Jasa Keungan (OJK) ini memungkinkan masyarakat membuka rekening tabungan, menabung dan menarik dana melalui perantara agen perbankan.

“Jadi masyarakat yang akan membayar zakat bisa tetap dilakukan meski di tengah kesibukan. Lebih mudah, hanya tinggal buka ponsel, bisa bayar zakat,” kata Ketua Baznas, Bambang Sudibyo, usai penandatanganan nota kesepahaman dengan BRI Syariahm di ruang teater Gedung Fakultas Syariah Hukum UIN Ciputat, Rabu (7/6/2017).

Kerja sama ini juga bertujuan agar target perolehan zakat terpenuhi mengingat masyarakat Indonesia yang heterogen sehingga kebutuhan dan aktivitas masing-masing orang berbeda.

Kerja sama tersebut meliputi layanan penjualan tabungan kurban Baznas kepada nasabah BRI Syariah, layanan pembayaran ZIS di jaringan Payment Point Online Banking (PPOB), laku pandai dan toko ritel Baznas, Co-branding kartu Nomor Pokok Wajib Zakat (NPWZ) dengan beberapa produk BRI Syariah dan optimalisasi layanan perbankan BRI Syariah untuk meningkatkan pengumpulan dana ZIS melalui rekening Baznas pada BRI Syariah.

”Dengan adanya nota kesepahaman ini, BRI Syariah juga ikut menyumbang dana sebesar Rp1,5 Miliar dalam bentuk zakat penghasilan pegawai,” terang Dirut BRI Syariah, Moch. Hadi Santoso.

BRI Syariah juga akan membuka stand pembayaran zakat di kampus tersebut.

”Kita punya Unit Pengumpul Zakat (UPZ) tapi belum masif. Kita harapkan, dengan kerja sama ini akan semakin masif. Apalagi, dana yang diperoleh diperuntukan untuk penelitian, disertasi, tesis dan skripsi, jadi ada manfaat,” tutur Rektor UIN, Dede Rosyada.(Nda)