Libur Lebaran, Kunjungan Wisatawan ke Pandeglang Meningkat 40%

Posted by

Pandeglang –┬áDinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Pandeglang mencatat, selama libur Lebaran 2017, kunjungun wisatawan lokal ke objek wisata meningkat 40%.

Tak kurang selama satu pekan libur Lebaran, ada 150 ribu wisatawan yang berkunjung ke sejumlah objek wisata. Wisata pantai seperti kawasan Carita, Pantai Matahari, Lippo Carita, Coconut Island, dan Pantai Pasir Putih merupakan tempat wisata favorit masyarakat.

“Di Pantai Pasir Putih saja, ada sekitar 21 ribu wisatawan yang berlibur, lalu di Pantai Matahari ada 14 ribu lebih wisatawan,” kata Kepala Dispar Pandeglang, Abdul Ghaffar.

Peningkatan jumlah pengunjung juga terjadi di sejumlah wisata religi seperti Cikadueun dan Caringin. Tercatat, ada sekitar 18.000 peziarah.

Ghaffar mengatakan, meningkatnya jumlah wisatawan berdampak positif terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD). Kontribusi PAD dari sektor wisata hingga saat ini sudah menembus 60 persen dari target sebesar realisasi Rp120 juta pada tahun 2017.

Namun, PAD tersebut tak berasal dari seluruh objek wisata yang ada, hanya berasal dari pemandian air panas Cisolong, Karang Sari, dan Cikoromoy. Hal ini mengingat, belum seluruhnya potensi wisata yang belum dikelola oleh pemerintah daerah.

Pemkab Pandeglang sambung Ghaffar, terus berupaya mendongkrak potensi wisata lainnya, salah satunya kampung domba dan tempat-tempat ziarah yang masih dikelola oleh perseorangan.

“Seperti Cikadueun dan Caringin. Ke depan kita usahakan agar kerja sama antara pemerintah dengan pengelola. Misalnya terkait parkir yang bisa menghasilkan kontribusi untuk pemda,” tutupnya.(Nda)