Tangsel Daerah Pertama Terapkan Smart Village di Indonesia

Posted by

Tangsel – Kota Tangerang Selatan menjadi daerah pertama di Indonesia menerapkan konsep Smart Village. Konsep ini akan diresmikan di Kelurahan Pondok Ranji, Kecamatan Ciputat Timur, Kamis (26/1/2017) oleh Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi Banten.

 

Sejumlah kementerian diantaranya Kementerian Koperasi, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal serta beberapa duta besar dijadwalkan hadir. Tangerang Selatan sendiri menjadi daerah pertama penerapan program pemerintah pusat tersebut.

“Smart Village milik lembaga masyarakat yang digerakkan Pergerakan Indonesia Maju (PIM). Ibu wali kota sebagai salah satu anggotanya,” kata Dadang Rahrja, Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Tangsel, Dadang Raharja, kepada Banten Hits, Rabu (25/1).

Dadang menjelaskan, konsep ini bertujuan meningkatkan sebuah daerah agar lebih berkembang dan maju. Pemkot Tangsel akan membantu dan memfasilitasi, salah satunya dengan menyumbang buku.

“Kita akan ambil bagian, misalnya menyediakan perpustakaan keliling. Bagian Arsip akan melakukan kegiatan pembinaan kearsipan pada SKPD,” jelasnya.(Ep)