Andika Minta Jamkrida Bantu UMKM di Banten Berkembang

Posted by

Serang – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dinilai menjadi tulang punggung perekonomian di Provinsi Banten. Keberadaannya perlu mendapat perhatian dan difasilitasi agar usahanya mampu berkembang.

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mengharapkan peran Penjamin Kredit Daerah (PT Jamkrida) Banten untuk membantu UMKM semakin berkembang.

“Salah satunya dengan memberikan jaminan kredit bagi para pelaku UMKM,” kata Andika, di sela santunan anak yatim dan buka puasa bersama yang digelar PT Jamkrida Banten, Jumat (9/6/2017).

Wagub mengapresasi kinerja Jamkrida sebagai satu-satunya BUMD yang mampu menghasilkan laba meski masih nilainya masih belum signifikan.

“Diantara BUMD yang lain (Bank Banten dan BGD), saya dapat laporan hanya Jamkrida yang sudah mendapat laba,” ujarnya.

Dirinya terus mendorong agar kinerja Jamkrida lebih baik sehingga mampu memberikan kontribusi terhadap pendapatan daerah.

Dirut PT Jamkrida Hendra Indra Rachman menjelaskan, kegiatan usaha Jamkrida meliputi pemberian penjaminan untuk akses kredit kepada UMKM yang mempunyai usaha layak (feasible) namun tidak memenuhi persyaratan teknis perbankan, khususnya pemenuhan agunan (tidak bankable) .

Pemberian penjaminan kredit yang diberikan oleh Jamkrida adalah : pemberian penjaminan kredit mikro, pemberian penjaminan produk perbankan lainnya seperti: kredit multiguna, kredit konstruksi dan pengadaan barang/jasa serta penjaminan kontra bank garansi.

Penjaminan kredit ini merupakan kerjasama diantara 3 pihak yaitu perusahaan penjamin kredit, perbankan/kreditur (penerima jaminan) dan nasabah (UMKMK) sebagai terjamin.

”Dengan jaminan Jamkrida, perbankan akan menjadi lebih ekspansif dan lebih aman untuk menyalurkan kredit/pembiayaan kepada UMKM,” jelas Hendra.(Nda)