Tips Mencegah Berat Badan Naik Setelah Ramadhan

Weight loss: here's why those last few pounds can be hardest to lose –  according to science

Puasa Ramadhan akan segera berakhir. Dalam beberapa hari, umat muslim akan merayakan hari raya Idul Fitri.

Setelah sebulan berpuasa, banyak orang yang merasakan berat badannya naik. Hal ini biasanya terjadi ketika berkumpul untuk buka puasa bersama atau kumpul Lebaran yang identik dengan sajian makanan melimpah, minuman manis, serta cemilan-cemilan tinggi kalori.

Naiknya berat badan seseorang setelah bulan puasa bisa disebabkan pola makan serta faktor metabolisme tubuh. Ketika sudah tidak berpuasa, metabolisme mengalami perubahan. Tubuh akan kembali menyimpan energi dengan cara menimbun lemak di tubuh. Selain itu, tubuh juga mengisi kembali glikogen atau cadangan karbohidrat di otot di liver.

Penambahan berat badan ini sebenarnya bersifat alamiah. Meski demikian, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah berat badan naik secara signifikan setelah bulan puasa. Berikut ulasannya.

  • Kontrol nafsu makan
    Jenis makanan yang disajikan ketika lebaran umumnya merupakan makanan yang berlemak, tinggi gula, serta disajikan dalam jumlah melimpah. Makanan tinggi lemak dan tinggi kalori ini akan semakin menggiurkan setelah Anda berpuasa selama sebulan. Namun jika Anda tidak ingin berat badan naik drastis, upayakan untuk selalu mengontrol nafsu makan setelah puasa. Pastikan Anda menerapkan pola makan bergizi lengkap dan seimbang. Di samping itu, penting juga untuk mengatur porsi makanan yang Anda makan agar tidak berlebihan.
  • Lengkapi dengan makanan berserat
    Salah satu hal yang penting untuk mengontrol berat badan adalah dengan pemilihan makanan sehat. Hal ini juga berguna untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Ketika merayakan Lebaran, jangan lupa imbangi menu makanan Anda dengan makanan yang berserat seperti buah, sayur, dan biji-bijian sehat. Lengkapi juga dengan protein sehat dari daging tanpa lemak, ikan, tahu, tempe, atau telur. Jangan lupa hindari atau setidaknya atur asupan makanan yang tinggi lemak jahat seperti gorengan atau makanan tinggi kalori seperti kue kering.
  • Minum cukup air putih
    Air putih sangat penting untuk menjaga hidrasi tubuh. Ketika bersilaturahmi atau melakukan perjalanan sepanjang libur Lebaran, Anda dapat menyiapkan botol minum berisi air putih agar Anda mendapatkan cukup minum selama melakukan kegiatan. Dengan ini Anda juga dapat menahan diri dari keinginan untuk minum manis secara berlebihan. Upayakan asupan air putih minimal dua liter setiap hari.
  • Atur jadwal makan
    Mengatur jadwal makan juga penting untuk mencegah berat badan naik secara drastis setelah puasa. Hindari makan terlalu dekat dengan jadwal tidur, baik makan besar maupun cemilan. Setidaknya beri jeda dua jam sebelum tidur.
  • Aktif bergerak
    Walaupun sedang dalam masa liburan, usahakan Anda tetap aktif bergerak agar kesehatan tubuh dan mental tetap terjaga. Jangan hanya mengisi liburan dengan bermalas-malasan, melainkan gunakan waktu tersebut untuk kegiatan lain yang sulit dilakukan selama Anda sibuk bekerja, misalnya jalan-jalan bersama keluarga, mengerjakan hobi, bersepeda, atau bermain bersama anak-anak.
  • Rutin berolahraga
    Selanjutnya jika selama berpuasa Anda libur berolahraga, maka setelah Lebaran adalah saatnya Anda kembali membangun rutinitas olahraga seperti ketika sebelum berpuasa. Jadwalkan olahraga setidaknya tiga atau empat kali dalam seminggu, masing-masing minimal selama 30 menit. Anda dapat memilih olahraga ringan seperti jogging atau senam. 

Cobalah cara-cara di atas untuk mencegah berat badan Anda naik setelah puasa. Tak hanya berguna untuk mengontrol berat badan, Anda juga dapat merasakan badan yang lebih sehat dan bugar selepas bulan Ramadhan. 

Puncak Arus Mudik Lebaran 2022 Sudah Diprediksi, Pemudik Perlu Siapkan Hal-Hal Berikut

Kementerian Perhubungan melakukan survei internal untuk mengantisipasi kemacetan saat mudik lebaran tahun 2022. Dari hasil survei tersebut, puncak arus mudik lebaran 2022 diprediksi akan terjadi pada 29-30 April mendatang, yakni sekitar H-3 dan H-2 sebelum lebaran.

Hasil survei tersebut menunjukkan bahwa ketika puncak arus mudik lebaran, jumlah pemudik dapat mencapai hingga 85,5 juta orang dengan pilihan utama melalui moda transportasi darat. 

Dalam konferensi pers yang digelar Jumat (8/4/2022), Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati memaparkan kendaraan yang akan dipilih pemudik khususnya kendaraan pribadi baik roda empat maupun roda dua, kemudian disusul dengan transportasi umum darat seperti bus, travel, dan sebagainya, baru kemudian dengan jalur udara serta kereta api.

Lokasi pertama yang diperkirakan rawan macet pada puncak arus mudik lebaran adalah dari Jakarta sampai Cikampek di kedua arah. Selanjutnya disusul dengan Pejagan sampai dengan Prupuk, Jawa Tengah yang merupakan tujuan utama pemudik paling banyak. Lokasi ini diperkirakan macet disebabkan adanya kerusakan jalan. Merak dan Bakauheni diperkirakan menjadi titik kemacetan selanjutnya, kemudian disusul Tol Cikande. 

Pola perjalanan mudik tahun ini diperkirakan tak hanya ke Jawa Tengah, tapi juga beberapa daerah lain seperti Jawa Timur, Jawa Barat, Jabodetabek, Joga serta kota-kota di luar Jawa. Kemenhub memprediksi puncak arus mudik lebaran 2022 terjadi pada 29 dan 30 April, mulai pukul 7 sampai 9 pagi. Sementara untuk arus balik diperkirakan terjadi pada 8 Mei pada jam yang sama.

Selain lokasi dan rute di atas, puncak arus mudik lebaran 2022 juga diperkirakan terjadi di tempat-tempat wisata, seperti jalur Puncak-Bogor serta beberapa tempat wisata di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Untuk mencegah terjadinya kemacetan, Kemenhub memastikan pihaknya juga akan memantau lokasi wisata serta berkoordinasi dengan Korlantas Polri.

Adapun bagi Anda yang akan mudik lebaran, ada baiknya Anda melakukan beberapa persiapan agar perjalanan Anda lancar. Hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah menentukan transportasi untuk mudik. Jika menggunakan kendaraan pribadi, periksa terlebih dahulu kondisi bagian kendaraan yang sekiranya dibutuhkan. Sedangkan jika menggunakan transportasi umum, pastikan tiket yang dibeli sudah sesuai dengan jadwal libur kerja atau sekolah anak-anak Anda.

Berikutnya persiapkan perbekalan mudik. Untuk menghindari tertinggalnya barang yang perlu dibawa, sebaiknya Anda mengemas barang sejak beberapa hari sebelum keberangkatan. Jika perlu, susunlah daftar barang-barang yang akan dibawa, mulai dari pakaian, vitamin dan obat-obatan, hingga gadget dan pengisi daya. Jangan lupa mempersiapkan uang yang cukup untuk kebutuhan selama mudik beserta dana darurat.

Hal yang tak kalah penting untuk dipersiapkan sebelum mudik adalah kondisi kesehatan Anda. Pastikan Anda dalam kondisi sehat sebelum memutuskan untuk melakukan perjalanan mudik lebaran. Terlebih karena Anda akan mudik di saat pandemi Covid-19 masih berlangsung. Jika tubuh terasa kurang fit, sebaiknya tidak memaksakan diri untuk mudik demi diri Anda sendiri serta orang-orang di sekitar Anda.

Selain itu, pastikan Anda mengikuti ketentuan dan persyaratan mudik seperti vaksin dosis ketiga (booster) atau hasil negatif rapid test antigen maupun PCR bagi yang belum memperoleh vaksin booster. 

Meskipun telah mendapatkan vaksinasi secara lengkap, Anda tetap perlu menjalankan protokol kesehatan secara disiplin selama dalam perjalanan maupun di tempat tujuan mudik Anda. Selain itu, tidak diperkenankan untuk berbicara baik satu arah maupun dua arah selama perjalanan dengan transportasi umum.

Mudik Lebaran 2022 Diperbolehkan, Simak Syarat-Syaratnya

Jelang Ramadhan, salah satu topik yang selalu hangat diperbincangkan adalah mengenai mudik lebaran. Seperti diketahui selama dua tahun ke belakang, pemerintah memberlakukan larangan mudik lebaran akibat pandemi Covid-19.

Karena kondisi pandemi yang membaik serta gencarnya vaksinasi Covid-19 di seluruh Indonesia, tahun ini pemerintah telah mengumumkan bahwa masyarakat diperbolehkan mudik lebaran. Meski demikian, ada beberapa syarat yang harus dipatuhi. Salah satunya adalah telah mendapatkan vaksin lengkap.

Masyarakat yang ingin mudik lebaran tahun ini diharuskan sudah mendapatkan dua kali vaksin primer yakni dosis pertama dan kedua, serta vaksin booster atau dosis ketiga.

Untuk mendapatkan vaksin booster, dapat dilakukan dengan melakukan pendaftaran program vaksinasi. Pemerintah telah menyediakan beberapa platform untuk pendaftaran tersebut, yaitu aplikasi PeduliLindungi, website PeduliLindungi, serta aplikasi JAKI khusus Jakarta.

Syarat yang harus dipenuhi untuk mendaftar vaksin booster melalui ketiga platform tersebut yakni berusia 18 tahun ke atas, telah menerima vaksin dosis kedua minimal 3 bulan sebelumnya, serta telah mendapatkan tiket vaksinasi booster. Jika syarat-syarat tersebut telah terpenuhi, maka Anda dapat melakukan pendaftaran untuk vaksin booster.

Vaksin booster sebagai syarat mudik lebaran merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mengurangi risiko penularan Covid-19 di tengah mobilitas masyarakat yang tinggi. Hal ini dikarenakan kekebalan tubuh yang diperoleh dari vaksin dosis 2 akan menurun seiring berjalannya waktu. Untuk itu, kekebalan tubuh perlu ditingkatkan kembali melalui vaksin booster untuk melindungi masyarakat dari penularan Covid-19 dan potensi gejala yang parah hingga kematian yang ditimbulkan.

Sementara itu, Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan, Kementerian Perhubungan telah melakukan survei mudik Lebaran 2022 dan menyatakan bahwa jumlah pemudik lebaran tahun ini akan meningkat hingga ke angka 80 juta penduduk. Jika jumlah tersebut tidak diimbangi dengan vaksin booster, risiko terburuk dapat timbul seperti lonjakan kasus Covid-19.

Tingginya jumlah pemudik menunjukkan bahwa mobilitas penduduk pada tahun ini akan lebih masif. Di samping itu, umumnya lebaran merupakan momentum bersilaturahmi dan mengunjungi orang tua. Hal ini dapat meningkatkan potensi penularan Covid-19 dan lebih berbahaya apabila penularan terjadi pada orang tua/lansia.

Karena hal-hal tersebut, vaksinasi booster sangat penting dilakukan bagi calon pemudik sebelum melakukan kegiatan mudik dan bertemu dengan sanak saudara.

Sementara bagi anak-anak, syarat mudik lebaran 2022 adalah wajib vaksin Covid-19 bagi anak berusia 6 tahun ke atas yang sudah bisa mendapatkan vaksin. Sedangkan bagi masyarakat atau anak yang belum bisa mendapatkan vaksin booster, wajib menyertakan hasil negatif tes Antigen atau PCR. Hal ini karena salah satu syarat vaksin booster adalah jeda selama minimal tiga bulan setelah mendapatkan vaksin dosis kedua. Jadi, jika Anda baru saja selesai mendapatkan vaksin sampai dosis kedua, Anda belum bisa mendapatkan vaksin booster sehingga harus melampirkan tes Antigen negatif jika akan mudik. Ketentuan ini juga berlaku bagi yang baru mendapatkan vaksin dosis pertama. Namun untuk anak usia di bawah enam tahun, tidak diharuskan menyertakan surat hasil tes negatif Antigen atau PCR.

Meski telah mendapatkan vaksin booster, pemerintah tetap menghimbau masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Pemerintah juga akan menyediakan posko vaksinasi booster di tempat-tempat umum. Selanjutnya di setiap stasiun, bandara, terminal, serta pelabuhan, masyarakat diharuskan melakukan scan QR Code untuk check in melalui aplikasi PeduliLindungi. Sistem ini diharapkan akan mempermudah dalam memantau siapa saja yang belum mendapatkan vaksin booster dan yang sudah, sehingga bagi yang sudah dapat mudik dengan lancar serta dibebaskan dari syarat-syarat yang lain.

Grab Bersama Kemenkop UKM Latih UMKM NTB untuk Mandalika Food Festival

Ajang Pertamina Grand Prix of Mandalika (MotoGP Mandalika  2022) yang sedang diselenggarakan di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat disambut dengan penuh semangat dan sukacita oleh masyarakat Indonesia, khususnya di wilayah NTB. Gelaran tersebut membawa berbagai efek positif dalam bidang olahraga hingga pariwisata.

Bagi para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) lokal di NTB, gelaran MotoGP tersebut menjadi kesempatan besar untuk mempertunjukkan produk-produk mereka dan memikat para turis lokal maupun asing dalam acara bertaraf internasional. 

Dalam meraih kesempatan tersebut, UMKM lokal perlu menghadirkan produk dan layanan berkualitas prima. Untuk itu, Grab berinisiatif mengadakan pendampingan bertajuk ‘Pelatihan UMKM NTB Mendunia di Moto GP Mandalika’. Pelatihan yang diselenggarakan pada Rabu (16/3) tersebut merupakan kerja sama antara Grab dengan Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia. Pelatihan ditujukan untuk mempersiapkan UMKM Provinsi NTB yang berpartisipasi di Mandalika Food Festival agar dapat menyajikan kualitas layanan terbaik bagi wisatawan di wilayah Mandalika.

Di samping itu, pelatihan juga dirancang untuk membantu memulihkan industri pariwisata di Indonesia. Salah satunya dengan mendorong para pelaku usaha untuk selalu menerapkan protokol kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan atau CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability).

Mandalika Food Festival sendiri merupakan bagian dari side event yang hadir bersamaan dengan pelaksanaan MotoGP Mandalika 2022. Event ini diikuti oleh berbagai UMKM kuliner dari Lombok dan berbagai daerah dari seluruh Indonesia. Selain menjadi pemicu bangkitnya perekonomian dan membuka lapangan kerja di NTB khususnya wilayah Mandalika, festival tersebut juga bertujuan untuk mempromosikan kekayaan kuliner autentik nusantara. Hal ini akan menjadi bukti ragam kekayaan bangsa Indonesia yang patut dibanggakan serta dirayakan bersama warga dunia.

Director of Central Public Affairs Grab, Tirza Munusamy mengungkapkan dalam keterangan tertulis bahwa pihaknya merasa senang dapat berkolaborasi dengan Kemenkop UKM, Kemenparekraf, serta Dinas Koperasi dan UKM Provinsi NTB dalam rangka membantu UMKM agar dapat tetap maju dan terus berkembang di masa pandemi.

Lebih lanjut Tirza menjelaskan, pelatihan yang dilaksanakan dua hari sebelum acara Mandalika Food Festival tersebut adalah untuk membekali para UMKM yang akan berjualan di Tenda Kuliner Sirkuit Mandalika dari tanggal 18 sampai 20 Maret 2022. 

Pelatihan tersebut diikuti oleh 45 UMKM. Termasuk di antaranya adalah UMKM binaan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi NTB serta merchant UMKM Grab. Berbagai materi pelatihan yang diperoleh para UMKM antara lain strategi pemasaran dan branding di media sosial untuk meningkatkan penjualan, strategi pemilihan bahan baku serta pengemasan produk yang sesuai, strategi pelayanan, protokol CHSE, serta materi pelatihan lainnya yang sudah sesuai dengan standar Kemenparekraf.

Hadir sebagai pengisi materi yakni Sub-Koordinator Pemasaran Kuliner dari Direktorat Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf  Meilisa Putri Zerlindayanti yang mewakili Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif, Yuana dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta tim dari Grab Indonesia dan OVO.

Tirza menambahkan, pihak Grab terus berpartisipasi untuk membuka peluang dan berupaya untuk memberikan layanan dan dukungan yang dibutuhkan masyarakat Indonesia, termasuk oleh para mitra UMKM. Ia berharap pelatihan tersebut akan memberikan bekal yang bermanfaat bagi para UMKM dalam menjamu tamu di ajang internasional sekelas MotoGP, serta mampu memanfaatkan potensi digital yang sesuai dengan kebutuhan UMKM NTB untuk terus dapat meningkatkan kapasitasnya.

Manfaat Penggunaan Sunscreen Setiap Hari, Cegah Kulit Terbakar Hingga Kanker Kulit

Sinar matahari memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Kandungan vitamin D yang terdapat pada sinar matahari sangat dibutuhkan oleh anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan dalam proses pembentukan tulang. Sementara bagi orang dewasa, vitamin D dibutuhkan untuk menjaga kepadatan tulang.

Namun selain memiliki manfaat, sinar matahari juga ternyata dapat memberikan efek negatif, khususnya bagi kulit. Beberapa bahaya sinar matahari bagi kulit antara lain dapat menyebabkan penuaan dini, kulit terbakar atau sunburn, hingga kanker kulit.

Oleh karena itu, perlu adanya tindakan pencegahan untuk menghindari efek buruk dari sinar matahari. Salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan payung ketika beraktivitas di luar ruangan dengan kondisi cuaca terik.

Cara yang lebih mudah dan efektif adalah dengan selalu menggunakan sunscreen sebelum beraktivitas di bawah matahari. Sunscreen mengandung SPF dan PA yang dapat membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang berlebihan. Karenanya, memakai sunscreen merupakan tahapan perawatan kulit yang paling penting. Bahkan sunscreen sebenarnya selalu dibutuhkan walaupun hanya beraktivitas di dalam ruangan.

Penggunaan sunscreen dengan benar dan rutin memberikan banyak manfaat bagi kulit. Berikut di antaranya.

  1. Melindungi dari sinar Ultraviolet yang berbahaya
    Karena kandungan vitamin D yang ada dalam sinar ultraviolet sebenarnya sangat dibutuhkan bagi tubuh, maka berjemur di bawah sinar matahari boleh saja bahkan perlu dilakukan. Namun sebelumnya, gunakan sunscreen dengan cukup untuk menghalangi sinar berbahaya menembus kulit yang dapat mengakibatkan iritasi hingga kanker kulit.
  2. Mencegah kulit terbakar (sunburn)
    Paparan sinar UV-B yang berlebih dapat menyebabkan sunburn, yaitu kondisi kulit yang mengelupas, memerah, membengkak, dan gatal-gatal. Kondisi kulit seperti ini dapat meningkatkan resiko kanker kulit. Untuk mencegah terjadinya hal ini, oleskan sunscreen secukupnya pada seluruh tubuh terutama yang akan terpapar sinar matahari secara langsung. Ulangi pemakaian setiap 2-3 jam sekali.
  3. Mencegah penuaan dini
    Penggunaan sunscreen secara rutin juga dapat melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan seperti garis halus dan keriput. Sudah ada studi yang mengungkapkan bahwa orang-orang berusia di bawah 55 tahun yang memakai sunscreen secara rutin memiliki resiko penuaan dini 24 persen lebih kecil daripada mereka yang tidak menggunakannya.
  4. Meratakan warna kulit dan mencegah kulit menggelap
    Memakai sunscreen juga bermanfaat untuk membantu meratakan warna kulit yang belang akibat mengalami hiperpigmentasi, serta mampu mencegah kerusakan kulit lainnya seperti flek hitam atau kulit kusam.
  5. Menurunkan resiko kanker kulit
    Jenis kanker kulit seperti melanoma umumnya terjadi pada wanita berusia 20 tahunan. Kanker jenis ini juga dapat mengancam jiwa. Untuk menurunkan resikonya, pakailah sunscreen setiap hari agar kulit selalu terlindungi dari efek buruk sinar ultraviolet.
  6. Mempertahankan kesehatan kulit
    Kulit yang terlindungi dari paparan sinar matahari yang berlebihan tentunya akan menjadi lebih sehat. Sunscreen mampu melindungi protein penting pada kulit seperti kolagen, keratin, dan elastin. Kandungan protein tersebut diperlukan untuk menjaga agar kulit tetap sehat dan halus.

Sunscreen tidak hanya digunakan ketika beraktivitas di luar ruangan. Walaupun di dalam ruangan, sebaiknya tetap gunakan sunscreen karena cahaya matahari masih dapat masuk melalui jendela atau langit-langit kaca. Untuk mendapatkan perlindungan yang maksimal, pemakaian sunscreen perlu diulang setiap 2-3 jam sekali, terutama jika banyak aktivitas yang dilakukan di luar ruangan. Hal ini dikarenakan sunscreen hanya bertahan sekitar 2-3 jam setelah pemakaian.

Selain sunscreen, ada beberapa perlindungan lain yang dapat digunakan secara bersamaan agar terhindar dari dampak buruk radiasi matahari. Antara lain dengan mengenakan topi serta kacamata hitam dengan perlindungan sinar UV.

Gejala Omicron dan Perbedaannya dengan Varian Lain

Sejumlah sekolah di Indonesia memutuskan untuk menghentikan pembelajaran tatap muka untuk sementara dan kembali belajar online. Kebijakan ini diambil dikarenakan varian baru Covid-19, Omicron, yang tengah mengamuk di berbagai negara termasuk Indonesia.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk menutup sekolah offline di tengah penyebaran Covid-19. 

Pertama, jika ditemukan kasus di dalam lingkungan sekolah, maka disarankan untuk menutup sekolah selama 2-5 hari. Penutupan ini dilakukan dalam upaya untuk membersihkan, melakukan desinfeksi di seluruh area sekolah, serta melakukan tracing kontak dibantu oleh institusi kesehatan serta pemerintah lokal.

Selanjutnya, jika tidak ada penyebaran di dalam lingkungan sekolah, pihak sekolah diharapkan untuk tetap siaga dan secara intensif melakukan desinfeksi serta membersihkan lingkungan sekolah. Selain itu, mengajarkan dan menerapkan kebersihan terhadap seluruh warga sekolah juga harus selalu dilakukan dengan konsisten. Sekolah juga diharapkan untuk menunda kegiatan yang menimbulkan keramaian atau aktivitas berkelompok, memantau absensi siswa maupun tenaga pengajar, meminta guru atau murid yang sedang sakit untuk beristirahat di rumah, serta menyiapkan prosedur penanganan jika ada siswa yang sakit di sekolah.

Omicron sendiri merupakan salah satu varian dari Covid-19 dan pertama kali dilaporkan ditemukan di Afrika Selatan pada 24 November 2020. Varian lainnya sebelum Omicron yaitu Alpha, Beta, Delta, sampai Lambda. Selain varian-varian tersebut, sebenarnya masih ada belasan varian lain dari Covid-19 yang telah ditemukan. Namun World Health Organization (WHO) tidak memasukkannya ke dalam kategori prioritas tinggi.

Omicron saat ini sudah masuk ke dalam kategori Variant of Concern (VOC) di banyak negara, yaitu varian Covid-19 yang diduga mampu menyebabkan peningkatan penularan hingga kematian, bahkan dapat juga mempengaruhi efektivitas vaksin. Lantas apa sebenarnya perbedaan Omicron dengan varian yang telah ada sebelumnya? 

  1. Omicron lebih menular
    Sejak pertama kali ditemukan, kasus Omicron di Afrika Selatan mengalami peningkatan sebanyak dua hingga tiga kali lipat dalam kurun waktu satu minggu. Dengan jumlah ini, tingkat penularan Omicron berarti lima kali lebih cepat dibandingkan varian Delta. Varian Delta sendiri daya tularnya tujuh kali lebih cepat dibandingkan dengan virus yang pertama kali muncul di Wuhan.
  2. Tingkat keparahan Omicron lebih rendah
    Meski Omicron menular lebih cepat, namun tingkat keparahannya cenderung lebih rendah daripada varian lain termasuk Delta. Menurut CDC, gejala umum varian Omicron yang terdeteksi sejauh ini yakni batuk kering dan tenggorokan gatal (89%), letih (65%), hidung tersumbat (59%), demam (38%), mual (22%), sulit bernapas atau napas pendek (16%), serta diare (11%)
    Meski gejala Omicron cenderung ringan, tetap dibutuhkan penanganan dini untuk mencegah memburuknya tingkat keparahan serta meningkatnya angka penularan.
  3. Omicron dapat dideteksi dengan PCR-SGTF
    Untuk mengetahui apakah seseorang terinfeksi Covid-19 varian Omicron, maka dapat dilakukan dengan menggunakan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) dengan S Gene Target Failure (SGTF).
  4. Efektivitas vaksin terhadap Omicron
    Varian Omicron muncul di tahun 2020. Di tahun yang sama, vaksinasi Covid-19 sudah mulai dilakukan oleh sebagian negara. Karenanya banyak yang mempertanyakan efektivitas vaksin terhadap varian ini. Vaksin yang diberikan sebenarnya masih bisa melawan Omicron, namun efektivitasnya menurun. Dari hasil investigasi ditemukan bahwa vaksin Covid-19 memiliki efektivitas hingga 95% terhadap varian virus yang muncul pertama kali di Wuhan. Sedangkan untuk melawan Omicron, efektivitas vaksin ini hanya sebesar 50%.

 

Tips Memasak Sehat Tanpa Minyak

Setelah berbulan-bulan menghadapi lonjakan harga minyak goreng, kini ibu rumah tangga dan pelaku usaha kuliner mulai dapat bernafas lega. Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi telah menetapkan kebijakan satu harga untuk minyak goreng, yakni Rp14.000,00 per liter. Kebijakan tersebut mulai berlaku pada Rabu, 19 Januari 2022.

Sebelumnya diketahui harga minyak goreng melonjak cukup tinggi yakni mencapai 19-20 ribuan per liter. Kenaikan harga ini dikarenakan adanya kenaikan secara global, yaitu karena terjadinya disrupsi pasokan minyak nabati global.

Bagi ibu rumah tangga, mahalnya harga minyak goreng kala itu dapat disiasati dengan mencoba untuk memasak dengan sedikit minyak, atau bahkan tanpa minyak. Kendati kini harga minyak goreng sudah lebih terjangkau, tak ada salahnya untuk mempertahankan kebiasaan memasak tanpa minyak. Hal ini tentunya lebih baik untuk kesehatan. Sebab, makanan yang digoreng dengan minyak mengandung lebih banyak kalori serta lemak trans yang berkaitan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, obesitas, diabetes, dan kanker.

Nah, untuk mencegah risiko kesehatan jangka panjang, berikut beberapa tips memasak dengan sedikit atau tanpa minyak goreng yang bisa kita praktikkan.

Pertama, gunakan wajan anti lengket. Memasak tanpa menggunakan minyak goreng tentunya akan lebih mudah dengan menggunakan teflon atau wajan anti lengket. Selain teflon, kita juga bisa menggunakan panci atau wajan stainless steel dengan kualitas baik dan alas yang tebal, besi cor berlapis enamel, atau panci titanium keramik.

Selanjutnya, pilih metode selain menggoreng untuk memasak, seperti menumis, merebus, mengukus, atau memanggang. 

Dengan metode kukus berarti makanan diolah secara sederhana tanpa menambahkan lemak yang terkandung dalam minyak. Nutrisi penting dalam makanan tidak hilang jika diolah secara dikukus, begitupun dengan warna dan rasa alami dari makanan tersebut. 

Sama halnya dengan mengukus, merebus makanan juga memberikan manfaat yang baik terhadap makanan. Makanan yang direbus biasanya akan mempertahankan rasa alaminya karena tidak ada penambahan lemak seperti pada teknik menggoreng atau menumis dengan minyak. Teknik merebus merupakan cara terbaik untuk membuat kaldu daging maupun sayuran, karena nutrisi dari makanan dapat larut dalam cairan kaldu yang nantinya akan dikonsumsi. Teknik ini dapat digunakan untuk memasak potongan daging atau unggas yang keras.

Metode lain yang dapat dipilih yaitu memanggang. Memanggang berarti memasak makanan dengan menempatkannya di atas sumber panas, misalnya di oven atau di atas bara panas. Makanan yang akan dipanggang tidak harus dilapisi dengan minyak goreng. Contoh makanan yang biasa dipanggang yaitu daging, ikan, dan sayuran yang padat. Metode ini memang membutuhkan waktu yang lebih lama untuk membuat makanan matang dengan baik. Namun dengan teknik yang tepat, makanan yang dipanggang akan terasa enak dan lezat serta masih mengandung banyak nutrisi. Untuk melakukannya, terlebih dahulu pastikan kebersihan bahan-bahan makanan serta alat-alat yang akan digunakan.

Teknik terakhir yang dapat dicoba adalah menumis. Metode tumis tidak selalu harus menggunakan minyak goreng atau mentega. Menumis dapat juga dilakukan dengan sedikit air atau kaldu, sekitar satu atau dua sendok makan. Kemudian, aduk makanan secara berkala hingga mencapai tingkat kematangan yang diinginkan. Tambahkan juga bumbu-bumbu untuk menambahkan rasa. Namun pastikan untuk menggunakan wajan anti lengket untuk menggunakan metode ini. Tak perlu khawatir dengan rasanya. Walaupun tanpa minyak, tumisan akan tetap terasa lezat.

Selain menggunakan alternatif metode memasak tersebut, penambahan saus atau dressing misalnya pure kacang juga dapat membantu menambah rasa pada makanan.

8 Jenis Rempah Kaya Manfaat

Masakan Indonesia terkenal kaya akan cita rasa. Hal ini lantaran penggunaan rempah yang beraneka ragam sebagai bumbu dalam bermacam masakan nusantara. Selain dapat menambah cita rasa pada makanan, rempah-rempah juga ternyata memiliki kandungan senyawa yang baik bagi kesehatan tubuh. Penggunaan rempah pada masakan sangat berperan dalam menghasilkan makanan yang tak hanya lezat, tapi juga bergizi seimbang.

Karena manfaatnya yang banyak, rempah-rempah kerap digunakan dalam berbagai jenis makanan dan minuman di Indonesia. Nah, berikut adalah daftar rempah-rempah beserta manfaatnya bagi tubuh manusia.

  1. Kunyit
    Kunyit berfungsi sebagai pewarna kuning alami. Kunyit kerap digunakan sebagai salah satu bahan untuk membuat jamu, karena memiliki khasiat antioksidan, anti radang, anti bakteri, anti jamur, dan antivirus.
    Kandungan senyawa kimia curcumin yang terkandung dalam kunyit bermanfaat untuk meredakan inflamasi, seperti bengkak dan nyeri. Penelitian juga telah menunjukkan bahwa kunyit dapat menyembuhkan pilek, mengurangi kolesterol, serta memelihara fungsi hati dan otak.
  2. Kayu manis
    Karena aromanya yang khas, kayu manis banyak digunakan untuk bumbu masakan, kue, hingga minuman hangat. Aroma wangi kayu manis dapat menghilangkan bau badan, serta memberikan efek menenangkan dan meredakan rasa lelah.
    Kayu manis juga mengandung antioksidan dan zat lain yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah, kolesterol, dan tekanan darah. Kayu manis juga memiliki sifat anti bakteri, anti radang, dan antiseptik.
  3. Pala
    Buah pala biasanya diolah menjadi manisan. Sementara bijinya digunakan sebagai bumbu masakan. Khasiat biji pala bagi kesehatan antara lain dapat membantu meredakan masuk angin, sakit perut, serta gangguan pencernaan. Selain itu, senyawa yang terkandung dalam biji pala dapat merangsang saraf di dalam otak sehingga membantu memperbaiki kemampuan konsentrasi dan daya ingat.
  4. Jahe
    Tak hanya digunakan sebagai bumbu dapur, jahe juga dapat dibuat minuman herbal yang berfungsi untuk menghangatkan tubuh. Wedang jahe dikenal mampu mencegah rasa mual. Bahkan jahe masuk dalam buku pengobatan herbal di negara Barat sebagai ramuan alami untuk mencegah morning sickness.
    Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa jahe memiliki khasiat anti radang dan antioksidan yang kuat.
  5. Cengkeh
    Cengkeh memiliki banyak manfaat, antara lain sebagai desinfektan, analgesik, dan anestetik untuk gigi berlubang. Rempah yang satu ini memiliki sifat antioksidan, antiseptik, dan anti inflamasi. Cengkeh berkhasiat untuk membantu menghentikan diare serta meredakan sakit perut dan rasa mual.
    Cengkeh yang dicampur dengan air lemon memiliki manfaat untuk meregenerasi tubuh saat kelelahan dan membantu meningkatkan kesehatan tubuh.
  6. Kapulaga
    Kapulaga biasa ditambahkan ke dalam olahan makanan seperti kue, sup, roti, dan lain-lain. Kapulaga mengandung banyak mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Konsumsi kapulaga secara rutin dapat membantu menurunkan tekanan darah. Manfaat lain dari kapulaga yaitu mencegah dan mengatasi penyakit infeksi, mengurangi peradangan, serta mengurangi kolesterol dalam darah.
  7. Kencur
    Kencur sering digunakan dalam racikan jamu, biasanya dicampur dengan beras yang ditumbuk halus sehingga dinamakan jamu beras kencur. Jamu beras kencur memiliki fungsi sebagai penambah nafsu makan sehingga sering dikonsumsi oleh anak-anak. Selain itu, kencur juga bermanfaat untuk mengobati peradangan pada pencernaan, memberikan sensai ketenangan dalam tubuh, hingga meredakan demam dan sakit perut. 
  8. Jinten
    Jinten biasanya digunakan untuk menambah rasa dan aroma pada makanan berkuah seperti kari dan gulai. Manfaat jinten antara lain untuk memperlancar ASI. Jinten juga sangat berkhasiat untuk mengatasi gangguan pencernaan. Jika dikonsumsi secara rutin, jinten juga dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan.

 

Tren Makanan Sehat yang Naik Daun di Masa Pandemi

Pandemi Covid-19 yang telah melanda dunia sekitar dua tahun terakhir ini telah memunculkan perubahan pada berbagai aspek kehidupan. Sebut saja aspek sosial, ekonomi, pendidikan, dan tentunya kesehatan. Pola hidup baru pun mulai bermunculan seiring diberlakukannya protokol kesehatan ketat demi mengurangi penyebaran virus Covid-19. Aturan untuk selalu memakai masker saat keluar rumah, menjaga jarak, serta rajin mencuci tangan, pada awalnya terasa aneh dan merepotkan. Namun seiring berjalannya waktu, hal tersebut menjadi kebiasaan baru yang membawa dampak positif bagi kesehatan manusia.

Tak bisa dipungkiri, pandemi telah mengakibatkan begitu banyak dampak negatif. Kecepatan penularan virus yang begitu tinggi telah menjangkiti ratusan juta orang di seluruh dunia, serta banyak mengakibatkan kematian.

Namun ada hikmah yang dapat diambil dari pandemi ini. Salah satunya adalah semakin meningkatnya kepedulian manusia akan kesehatan diri dan lingkungannya, termasuk tentang makanan dan minuman yang dikonsumsi. Banyak pakar kesehatan yang menyarankan berbagai menu sehat penuh nutrisi yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga dapat mengurangi resiko penularan virus Covid-19.

Selama tahun 2020 dan 2021, makanan sehat mulai menjadi tren. Bahkan bisnis makanan sehat pun menjadi suatu bisnis yang menjanjikan di saat pandemi. Nah lalu apa sajakah jenis makanan sehat yang sangat diminati di kala pandemi? Berikut daftarnya.

Microgreen

Microgreen merupakan tunas dari berbagai tanaman sayur yang dapat dipanen pada usia 7-14 hari setelah disemai, yaitu setelah tingginya mencapai 5-10 cm. Beberapa jenis sayuran yang populer digunakan sebagai benih untuk microgreen yaitu kembang kol, selada, brokoli, bit, bayam, kubis, lobak, labu, dan selada air. Microgreen mudah ditanam karena tidak membutuhkan banyak ruang, sehingga banyak orang yang mencoba menanamnya sendiri di rumah. Biasanya microgreen dijadikan sebagai campuran pada masakan, atau diblender menjadi jus dan smoothies.

Microgreen mengandung nutrisi yang terkadang lebih besar daripada sayuran biasa. Microgreen disebut-sebut dapat menurunkan resiko penyakit jantung, Alzheimer, diabetes, serta jenis kanker tertentu. Namun masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengukur manfaat microgreen pada manusia secara lebih rinci.

 

Makanan Fermentasi (Postbiotik)

Postbiotik diperlukan untuk menjaga kesehatan usus sehingga dapat membantu kinerja tubuh dalam proses ekskresi agar dapat berjalan optimal setiap hari. Makanan postbiotik juga mengandung anti inflamasi dan antioksidan yang dapat membantu sistem kekebalan. Contoh makanan yang mengandung postbiotik adalah asinan dan kimchi (kubis yang diiris dan difermentasi).

 

Kelp

Kelp adalah rumput laut berwarna coklat dan berukuran besar. Kelp biasanya digunakan dalam masakan Jepang, Korea, dan China secara tradisional selama ribuan tahun, seperti disajikan dalam sup, sushi, kimbap, atau dalam bentuk kering seperti keripik. Kelp memiliki kandungan nutrisi mineral dan vitamin yang sangat baik. Kelp dapat tumbuh dengan baik tanpa memerlukan air yang banyak, serta dapat dipanen kapan saja.

 

Whole Grain

Whole grain merupakan bahan makanan berbentuk biji-bijian yang tidak melalui proses pengolahan atau penggilingan. Contohnya adalah gandum, oat, beras merah, beras coklat, dan jagung. Produk whole grain saat ini sudah banyak dijual dalam bentuk kemasan. Makanan whole grain mengandung lebih banyak serat sehingga dapat membantu pencernaan yang sehat. Karenanya, produk ini cocok untuk mengatur berat badan serta mengurangi resiko obesitas dan diabetes. Selain itu, makanan whole grain juga kaya antioksidan.

 

Chia Seeds

Chia seeds adalah biji-bijian kecil dari salah satu jenis tanaman mint, Salvia hispanica. Makanan ini sudah lebih dulu populer dan disebut-sebut sebagai superfood. Chia seeds tinggi protein serta merupakan sumber omega-3, serat, antioksidan, zat besi, dan kalsium.

Rekomendasi 4 Destinasi Wisata Air Terjun Terindah di Indonesia

Libur akhir tahun segera tiba. Mungkin banyak dari Anda yang sudah merencanakan untuk berlibur bersama keluarga. Namun bila Anda masih bingung menentukan destinasi wisata untuk liburan akhir tahun nanti, berikut adalah 4 rekomendasi wisata air terjun yang mampu memanjakan mata Anda.

  1. Air Terjun Madakaripura, Probolinggo
    Terletak di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Air Terjun Madakaripura merupakan air terjun tertinggi di Pulau Jawa dan tertinggi kedua di Indonesia dengan ketinggian 200 meter. Madakaripura adalah salah satu air terjun yang berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, tepatnya di lereng Gunung Bromo, dan telah dibuka sejak tahun 1991. Dalam ikut serta menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi, pengunjung wajib menunjukkan sertifikat vaksin minimal dosis 1 untuk dapat memasuki tempat wisata ini.  Harga tiket masuknya cukup terjangkau, yaitu Rp 22.000,00 untuk turis domestik dan Rp 45.000,00 untuk turis mancanegara.
    Nama Madakaripura sendiri diambil dari kata “Mada” yang mengacu pada Gajah Mada, “Kari” yang berarti peninggalan, serta “Pura” berarti tempat untuk bertapa. Memang, air terjun ini dipercaya sebagai tempat bertapa Gajah Mada pada zaman Kerajaan Majapahit.
    Debit air Madakaripura selalu melimpah meskipun pada musim kemarau, sehingga mendapat julukan sebagai air terjun abadi. Keunikan dari air terjun ini adalah bentuk tebing di sekelilingnya yang menyerupai ceruk, di mana guyuran air hampir merata di semua bagian tebing yang membuatnya menyerupai rintik hujan.
  2. Air Terjun Benang Stokel dan Air Terjun Benang Kelambu, Lombok
    Kedua air terjun ini terletak di kawasan Geopark Rinjani, Lombok Tengah. Air Terjun Benang Stokel lebih tinggi daripada Air Terjun Benang Kelambu, yakni sekitar 30 meter. Keberadaan keduanya seperti tidak dapat dipisahkan dikarenakan lokasinya yang masih dalam kawasan yang sama. Trekking menuju lokasi utama kedua air terjun ini juga sama, dimulai dengan melewati gapura bertuliskan Welcome To Geopark Rinjani, kemudian dilanjutkan dengan jalur trekking yang sudah tertata dengan baik berupa lapisan tembok dan susunan bebatuan. Terdapat mitos yang berkembang mengenai kedua air terjun ini yaitu tentang khasiat air yang dipercaya mampu membuat awet muda, serta dapat mendatangkan berkah dan keselamatan.
  3. Air Terjun Sipiso-piso, Sumatera Utara
    Air terjun ini memiliki ketinggian hingga 120 meter dan terletak di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara. Pemandangan indah yang disajikan di air terjun ini dilatarbelakangi panorama indah Danau Toba, pematang sawah dan ladang di Desa Tongging, bukit bentangan Pulau Samosir, serta memberikan suasana segarnya alam pegunungan.
  4. Air Terjun Cikanteh, Sukabumi
    Jawa Barat juga memiliki objek wisata air terjun yang cukup terkenal di kalangan pecinta alam. Air terjun atau lebih dikenal dengan nama Curug Cikanteh ini terletak di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, tepatnya di kawasan wisata Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu. Area Curug Cikanteh terdiri dari 3 tingkatan air terjun yang memiliki nama yang berbeda-beda, yaitu Curug Sodong Kembar, Curug Cikanteh dengan tinggi 60 meter, dan Curug Ngelay yang memiliki ketinggian 100 meter.
    Keindahan Curug Cikanteh terletak pada bentuknya yang berundak-undak dengan aliran air bening di antara tebing yang berwarna coklat.

Nah, itulah objek wisata air terjun yang dapat menjadi destinasi liburan Anda. Namun sebelum memutuskan untuk berwisata, pastikan Anda dan keluarga dalam keadaan sehat. Jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan, baik ketika dalam perjalanan maupun saat berada di tempat tujuan wisata Anda.