“Indonesia Rujukan Masyarakat Internasional”

Posted by

Tangerang – Wali Kota Tangerang memimpin langsung upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, di Lapangan Puspemkot Tangerang, Jumat (02/06).

 

Upacara yang diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila dan UUD 1945 berlangsung khidmat diikuti pegawai di lingkup Pemkot Tangerang.

Bertindak sebagai inspektur upacara, wali kota membacakan sambutan Presiden RI Joko Widodo yang menyatakan Pancasila merupakan hasil dari proses rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang disampaikan Ir Soekarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945.

Presiden mengingatkan, kodrat bangsa Indonesia adalah keberagaman dan merupakan takdir Tuhan, dan keberagaman itu mulai dari Sabang sampai Merauke dan dari Miangas sampai Rote. Berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan bersatu padu membentuk lndonesia. Itulah Bhinneka Tunggal Ika.

“Kita bisa hidup rukun dan bergotong-royong untuk memajukan negeri. Dengan Pancasila, Indonesia adalah harapan dan rujukan masyarakat internasional untuk membangun dunia yang damai, adil dan makmur di tengah kemajemukan,” katanya.

Oleh karena itu, Presiden mengajak peran aktif para tokoh agama, tokoh masyarakat, pendidik, pelaku seni dan budaya, pelaku media, jajaran birokrasi, TNI dan Polri serta seluruh komponen masyarakat untuk menjaga Pancasila.

“Pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara harus terus ditingkatkan,” ujarnya.

Peringatan hari lahir Pancasila pada 2017 mengangkat tema ‘Dengan Mengamalkan Pancasila dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara, Kita Jalin Kesatuan dan Persatuan Bangsa.(Humas Pemkot Tangerang)